Pembelajaran

SDIT Ar-Roudloh menerapkan model pendidikan Islam unggulan yang integral, memadukan konsep pendidikan berbasis kurikulum Pendidikan Nasional dengan konsep pembinaan karakter melalui penanaman nilai-nilai ke-Islaman dan tradisi secara praktis dan teoritis.

Program Pembelajaran

Program Harian

Program Semesteran

Program Tahunan

Detail

Harian

Setiap pagi, kami meluncurkan program 5S yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa. Mereka diajarkan untuk menyapa dengan senyuman, memberikan salam, menyapa dengan sopan, dan berinteraksi secara santun, memupuk kesadaran akan etika sosial dan tata krama.

Kami menekankan pentingnya menghafal Al-Qur’an dan melakukan murojaah (peninjauan kembali). Siswa kami diberikan waktu dan dukungan untuk menghafal surat-surat pendek serta melakukan revisi secara berkala, membantu mereka memperdalam pengetahuan agama dan hafalan Al-Qur’an.

Kami mengajarkan dan mendorong siswa untuk melakukan salat Dhuha secara berjamaah, menanamkan nilai-nilai spiritualitas dan ketaatan kepada agama sejak usia dini. Ini juga menjadi waktu yang bermanfaat untuk merefleksikan kebaikan dan bersyukur atas nikmat Allah.

Siswa diingatkan untuk melaksanakan salat Zhuhur secara wajib. Mereka diberi pemahaman tentang pentingnya menjaga ketaatan dalam menjalankan kewajiban agama, menjadikan salat sebagai bagian penting dari rutinitas harian mereka.

Di kelas, siswa dilibatkan dalam pembelajaran baca-tulis Al-Qur’an. Mereka dibimbing dalam menguasai aksara Arab, membaca, dan menulis Al-Qur’an dengan benar, memfasilitasi pemahaman yang lebih baik terhadap ajaran suci Al-Qur’an.

Kegiatan-kegiatan ini bukan hanya sekadar rutinitas, tetapi juga menjadi sarana utama dalam membentuk karakter dan spiritualitas siswa. Kami percaya bahwa membiasakan nilai-nilai baik seperti sopan santun, keagamaan, dan etika dalam kehidupan sehari-hari akan membentuk pribadi yang tangguh, berakhlak mulia, dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

Semesteran

Kami mengadakan kegiatan outbound dan kunjungan ke berbagai tempat, termasuk instansi pemerintahan, perusahaan, situs bersejarah, atau lokasi pendidikan lainnya. Melalui kegiatan ini, siswa diberikan pengalaman langsung dan belajar dari praktik terbaik, memperluas wawasan mereka di luar lingkungan sekolah, serta memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang bidang-bidang tertentu.

Program manasik haji diselenggarakan sebagai bagian dari pembelajaran agama. Siswa diajak untuk memahami ritual dan tata cara pelaksanaan ibadah haji. Dengan simulasi yang mendalam, mereka belajar tentang keutamaan, tata cara, dan makna spiritual dari ibadah haji, meningkatkan pemahaman mereka terhadap rukun Islam yang kelima.

Kegiatan ini adalah malam yang dirancang khusus untuk memperkuat iman dan takwa siswa. Selama MABIT, siswa menghabiskan malam bersama di sekolah untuk mendalami pelajaran keagamaan, berdoa bersama, membaca Al-Qur’an, dan merenungkan nilai-nilai spiritual. Kegiatan ini juga mencakup ceramah, diskusi kelompok, serta kegiatan-kegiatan yang memperkuat keimanan dan ketaqwaan.

Kegiatan-kegiatan seperti outbound dan kunjungan, manasik haji, serta MABIT tidak hanya memberikan pengalaman langsung dan wawasan yang lebih luas bagi siswa, tetapi juga mendalami aspek spiritual dan agama. Mereka menjadi cara yang efektif untuk menggabungkan pembelajaran di dalam dan di luar kelas, memperkaya pengalaman pendidikan siswa, serta memperkuat pondasi keimanan dan karakter yang kuat.

Tahunan

Acara wisuda merupakan momentum istimewa di mana siswa yang telah menyelesaikan satu tahap pendidikan merayakan pencapaian mereka. Ini adalah momen berharga di mana prestasi akademis, keberhasilan, dan perjalanan siswa diakui secara formal dan dirayakan bersama keluarga, guru, dan teman-teman.

Study tour adalah kegiatan yang menghadirkan pengalaman belajar di luar lingkungan kelas. Siswa diajak untuk belajar dari kunjungan langsung ke tempat-tempat menarik, institusi pendidikan, atau tempat-tempat historis, memperluas pengetahuan mereka dan memperkaya pembelajaran mereka melalui pengalaman langsung.

Selama bulan Ramadan, Sekolah Dasar Unggul menyelenggarakan pesantren Ramadan yang mencakup serangkaian kegiatan keagamaan, seperti pembacaan Al-Qur’an, pengajian, tausiyah, serta kegiatan-kegiatan sosial dan amal untuk meningkatkan kedekatan siswa dengan nilai-nilai keagamaan Islam.

Event Qurban merupakan momen di mana siswa dan staf bersama-sama melaksanakan ibadah Qurban pada Hari Raya Idul Adha. Mereka belajar tentang makna dan nilai-nilai kebaikan serta berbagi kepada sesama melalui penyembelihan hewan kurban dan distribusi kepada yang membutuhkan.

Dengan mengadakan event-event tahunan ini, Sekolah Dasar Unggul menciptakan lingkungan belajar yang terintegrasi dengan nilai-nilai agama dan kultural, memperkaya pengalaman siswa serta mendukung pemahaman dan penghargaan mereka terhadap nilai-nilai Islam.

Perayaan Maulid Nabi merupakan momen penting di mana sekolah merayakan momen-momen bersejarah dalam kalender Islam. Dalam perayaan ini, siswa diajak untuk mempelajari dan merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW serta memahami nilai-nilai agama dan pesan-pesan beliau.

Acara Isra Mi’raj menjadi saat yang berarti bagi siswa untuk belajar lebih dalam mengenai peristiwa Isra Mi’raj yang penting dalam sejarah Islam. Melalui ceramah, kajian, atau kegiatan spesial lainnya, siswa memahami peristiwa penting ini dan nilai-nilai spiritual yang terkandung di dalamnya.

Event-event tahunan ini memberikan pengalaman berharga bagi siswa, memperkaya pemahaman mereka tentang nilai-nilai agama, sejarah, dan budaya Islam. Mereka tidak hanya menjadi perayaan, tetapi juga sarana untuk meningkatkan pemahaman siswa akan identitas keislaman mereka dan memperdalam pengetahuan mereka tentang tradisi-tradisi Islami.

PENDIDIKAN AWAL UNTUK GENERASI UNGGULAN BERAKHLAK MULIA

Segeralah mendaftarkan putra-putri tercinta Anda untuk mendapatkan pendidikan awal terbaik dan menjadi generasi unggulan.

Scroll to Top